Selasa, 18 Februari 2014

Socket Programming

SOCKET PROGRAMMING

Socket Programming adalah pemrograman yang bertujuan agar satu program bisa berinteraksi dengan program lainnya dalam satu jaringan, biasa disebut dengan pemrograman jaringan. Socket dapat berupa :
  • Connection based or connectionless adalah koneksi yang didirikan sebelum berkomunikasi atau sebelum paket menentukan lokasi tujuan.
  • Packet based or streams based 
  • Reliable or unreliable adalah suatu kondisi dimana pesan atau paket bisa hilang, terjadi duplikasi atau bahkan rusak 

Karakteristik dari socket programming ini dapat dikenali dari domainnya masing-masing, bentuk dan transport protokol. Domain pada socket umumnya dibagi menjadi dua, yaitu :
  1. AF_UNIX atau Socket lokal : alamat format diambil dari pathname UNIX.
  2. AF_INET atau Socket networking : alamat format diambil dari host dan port number.
Setiap socket mempunyai satu bentuk protokol atau lebih, contoh :
  • TCP/IP (virtual circuits)
  • UDP (datagram)
Kegunaan dari connection-based socket programming adalah sebagai komunikasi antara client-server, server menunggu koneksi dari client sedangkan kegunaandari connectionless socket programming adalah sebagai alat komunikasi peer to peer dan setiap proses adalah sama. 

Socket terdiri dari elemen-elemen utama sebagai berikut: 
1. Protokol. 
2. Local IP. 
3. Local Port.
4. Remote IP. 
5. Remote Port. 





 source :
- http://pic.dhe.ibm.com/infocenter/iseries/v6r1m0/index.jsp?topic=/rzab6/uafunix.htm
- http://10108262.blog.unikom.ac.id/berkenalan-dengan.2zx
- http://edwincool07.blogspot.com/2012/03/pemrograman-socket.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar